Pengaruh lingkungan terhadap bangunan



Bangunan tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sekitarnya. bangunan dibuat guna menampung dan mendukung berbagai kegiatan manusia untuk merespon kebutuhan - kebutuhan sosial , budaya , ekonomi dan politiknya. dan dibangun dalam suatu lingkungan alami atau lingkungan binaan yang dapat membatasi atau sebaliknya mendukung perkembangan selanjutnya. dengan demikian kita harus mempertimbangkan dengan cermat faktor - faktor lingkungan tapak bangunan ketika mengembangkan desain dan konstruksi suatu bangunan.

Topografi , tanaman , dan iklim mikro dari suatu tapak mempengaruhi keputusan desain sejak awal prosesnya. untuk meningkatkan kenyamanan penghuni dan mengkonservasi energi dan sumber daya lain. perlu dikembangkan desain responsif yang memperhatikan kualitas alam setempat, menyesuaikan bentuk tataletak bangunan dengan bentang alam atau landscape dan mempertimbangkan peredaran matahari , pergerakan angin , serta aliran air dalam tapak.

Selain faktor - faktor lingkungan , kita juga perlu memperhatikan peraturan zona peruntukan lahan. Peraturan ini menentukan penggunaan dan kegiatan yang diizinkan dalam suatu tapak bangunan , juga batas ukuran dan bentuk massa bangunan dan di mana bangunan boleh ditempatkan dalam tapak.

Seperti halnya faktor lingkungan dan faktor peraturan yang berpengaruh pada lokasi dan sebagaimana cara sebuah bangunan didirikan, Pembangunan dan penggunaan gedung juga menuntut adanya sistem - sistem transportasi , utilitas , dan layanan pendukung lainnya. pertanyaan nya adalah seberapa jauh pekerjaan konstruksi bangunan di atas lahan dapat berlangsung tanpa melampaui daya dukung sistem - sistem layanan pendukung atau menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan. selain mengubah tataguna lahan , kegiatan konstruksi memberikan dampak lingkungan dengan pemakaian energi dan material.
Membangun sesuai kebutuhan merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menekan sumber daya yang diperlukan dalam pembangunan.

Pertimbangan faktor lingkungan beserta unsur - unsur perencanaan tapak yang mengubah suatu lahan agar dapat diakses dan digunakan dimulai dengan analisis yang harus dilakukan cermat.




0 Comments